DBA Bagan Limau dan Bhabinkamtibmas Patroli Karhutla di Kawasan TNTN

Penulis : user | Rabu, 24 Februari 2021 - 16:45 WIB

PATROLI : DBA Bagan Limau binaan Asian Agri bersama personel Bhabinkamtibmas Pelalawan melakukan patroli cegah Karhutla.

Beritariau.com, Pangkalan Kerinci - Desa Bebas Api (DBA) Bagan Limau binaan Asian Agri bersama personel Bhabinkamtibmas dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Kabupaten Pelalawan melakukan patroli di desa dan sebagian kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN).

Patroli itu, kata Hafiz Hazalin Sinaga, Manager Desa Bebas Api – Asian Agri, dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Sejak Diterapkannya Darurat Siaga Karhutla oleh Gubernur Riau pada 17 Pebruari 2021 lalu, kami dari perusahaan meningkatan kesiagaan guna mencegah terjadinya Karhutla,'' ungkapnya.

Apalagi, imbuh Hafiz, kita semua tidak mengatahui kapan dan dimana kebakaran terjadi. Namun tindakan pencegahan mesti dilakukan. Salah satunya, dengan mengadakan patroli bersama antara perusahaan, pemerintah, TNI/Polri, dan masyarakat.

Oleh karena itu, Asian Agri melalui  DBA binaannya meningkatkan intensitas patroli di areal-areal rawan kebakaran. Salah satunya oleh DBA Desa Bagan Limau, Kecamatan Ukui, yang lokasinya dekat dengan TNTN, sejak enin (22/2/2021) lalu.

Ini dibenarkan Zulkarnaen Harahap, Crew Leader DBA Bagan Limau. Disebutkannya, timnya bersama sama dengan Bhabinkamtibmas, dan MPA yang secara berkesinambungan rutin melakukan patroli guna mencegah terjadinya karhutla di seputaran desanya.

“Memasuki musim kemarau ini, kami terus melakukan patroli dari mulai siang sampai malam hari, tergantung situasi dan kerawanannya,'' terangnya.

Adapun rute patroli kami di jalur 00 sampai 09; jalur perbatasan desa dengan TNTN, sekaligus kami juga melakukan patroli pada sebagian kawasan TNTN.

Rudi Adrian, Bhabinkamtibmas Desa Bagan Limau mensyukuri adanya sinergi antara pemerintah, perusahaan  dan masyarakat.

‘Kami sangat bersyukur dan terbantu dengan adanya masyarakat  yang dengan sukarela ikut patroli bersama guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Memang seharusnya seluruh elemen; pemerintah, perusahaan dan masyarakat saling bersinergi dalam mencegah terjadinya karhutla,” ujar Rudi. 

Selain melakukan patroli bersama dengan  MPA dan Bhabinkamtibmas, Crew Leader & Tim  DBA Asian Agri, tim ini giat berkomunikasi dan sosialisasi ke masyarakat tentang  bahaya Karhutla.

''Kita meminta warga untuk tidak membuka lahan dengan membakar serta tidak membuang puntung rokok sembarangan,'' tutup Rudi. * (rilis)

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :