Asian Agri Serahkan Bantuan APD untuk Puskesmas Perawatan Tapung

Penulis : user | Minggu, 18 Oktober 2020 - 08:41 WIB

PENYERAHAN : Penandatanganan berita acara penyerahan APD untuk paramedis Puskesmmas Perawatan Tapung dari Asian Agri.

Beritariau.com, Tapung -- Asian Agri melalui unit usahanya, PT Tunggal Yunus Estate (TYE) kembali menyalurkan Alat Perlindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan dan medis yang ada di Kabupaten Kampar.

Bantuan APD lengkap ini diserahkan kepada Tasliati, SKM, Kepala Puskesmas Perawatan Tapung disaksikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupateb Kampar,  dr. Nurzami, M,Kes, Kasi Pemerintahan Kecamatan Tapung, Daniel Eriyazid, S Sos serta perangkat kecamatan lainnya. 

Bantuan APD berupa masker medis 3.000 pcs, mantel pelindung 20 pcs, kacamata 4 pcs, thermo gun 2 pcs dan sarung tangan 10.000 pcs.

Manager Kebun Topaz, Rahardian Yudha, pada kesempatan tersebut menyampaikan keprihatinan perusahaan atas pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa Indonesia bahkan dunia. 
Oleh karena itu, melalui  beragam program CSR, perusahaan turut berupaya untuk memutus mata rantai penyerbaran Covid-19. Salah satunya adalah memberikan bantuan APD kepada paramedis.

“Kami prihatin atas pandemi Covid-19 yang saat ini melanda bangsa kita. Beragam program CSR sudah kami jalankan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan desa seputar perusahaan, baik itu dengan pembagian masker, penyemprotan desinfektan ke fasilitas umum dan fasilitas publik lainnya,' tuturnya.

Perusahaannya, imbuh Rahardian menyadari bahwa selain masyarakat, paramedis  juga membutuhkan perlindungan ketika menjalankan pelayanan kesehatannya. 

''Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami  memberikan Kiranya apa yang kami berikan dapat bermanfaat, khususnya memberikan rasa aman dan nyaman kepada paramedis ketikan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat,” ujar Rahardian di dampingi Head Head of Sustainability Operations & CSR  Asian Agri, Welly Pardede.

Di kesempatan itu, Welly juga menambahkan bahwa bantuan APD ini bukan hanya diberikan kepada Puskesmas Perawatan Tapung saja, tetapi sudah dilaksanakan di 5 dari 8 puskesmas yang ada di seputaran operasioal Asian Agri. Ini sebagai bentuk komitmen dari perusahaan untuk tetap berkontribusi dan mendukung program program pemerintah, khususnya di bidang kesehatan.  

Pihak perusahan menyadari bahwa paramedis sangat membutuhkan APD karena merekalah yang langsung melayani pasien dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. Maka dengan motto ‘Bela Tenaga Kesehatan, Bela Indonesia’, kami berharap APD ini dapat bermanfaat, dan dan semakin meningkatkan semangat para tenaga kesehatan dalam pengabdiannya. 

''Selain itu, kami juga  berdoa kiranya  semoga kita semua, terkhusus warga Kecamatan  Tapung, terbebas dari virus yang mematikan ini,” ujarnya Welly menambahkan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Perawatan Tapung Tasliati, SKM mengaku terharu menerima bantuan itu dan menyatakan pihak paramedis tidak berjuang sendirian.

Sebagai puskesmas yang melayani kesehatan masyarakat di Kecematan Tapung, ucap Tasliati, Puskesmas Perawatan Tapung saat ini setiap harinya melayani kisaran 60 orang pasien. Sehingga kebutuhan akan APD cukup banyak untuk dapat melindungi paramedis dari terpapar Covid-19 ketika memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. Terlebih menurut Kepala Puskesmas Perawatan Tapung di kecamatan tersebut sudah pernah ada yang terpapar Covid-19.

Dalam menjalankan pelayanan kesehatan, tentunya dilakukan dengan Protokol Kesehatan. Sehingga kami membutuhkan kurang lebih 80 masker per hari, selain tenaga medis sejumlah 60 orang, terkadang ada juga pasien yang datang tidak memakai masker,  kemudian kita sediakan untuk dipakai. Kebutuhan akan masker cukup besar di puskesmas kami, akibatnya persediaan kami semakin menipis dan susah didapat. 

''Alhamdulillah, hari ini kami mendapat bantuan masker, bahkan bukan hanya masker, tetapi kami juga mendapatkan bantuan APD, ada sarung tangan, ada mantel pelindung dll. Kami merasa sangat terbantu, semoga ini sebagai amal  kebaikan Asian Agri beserta staf-staf nya. Semoga PT Tunggal Yunus Estate semakin maju dan berkembang,” ucapnya.

Diakuinya, di Kecamatan Tapung, memang sudah ada yang terpapar Covid-19 dan sudah ada juga yang sembuh. Artinya tenaga medis harus lebih kerja keras lagi untuk mensosialisasikan dan memberi himbauan terhadap masyarakat untuk tetap wajib mengikuti protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan serta bagaimana menjalankan pola hidup sehat.

"Dalam melakukan tugas pelayanan, kami sangat membutuhkan alat pelindung diri, seperti masker ini,” kata Tasliati lagi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupateb Kampar,  dr. Nurzami, M,Kes menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi semua yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam peran sertanya untuk pencegahan penyebaran Covid 19 di Kampar.

Diakui Nurzami, pihaknya sudah mendengar kegiatan yang dilakukan perusahaan semenjak wabah ini menyebar, yaitu penyemprotan desinfektan fasilitas umum, pemberian ember dan sabun cuci serta masker kain pada tahap awal ýang semuanya langsung diterima oleh masyarakat dan pihaknya sudah membaca sosialisasi himbauan yang dilakukan perusahaan.  

"Tak terhingga kami ucapkan terima kasih kepada PT Tunggal Yunus Estate.  Yang lebih hebat lagi adalah motto bela tenaga kesehatan, bela Indonesia, ini menjadi bukti bahwa perusahaan sangat mempedulikan kami,'' ungkapnya.

Bahkan, imbuh Nurzami, pihak perusahaan menyebut kami adalah pahlawan kesehatan, tetapi justru yang harus dikawal dan dijaga kesehatannya. 

''Saya mewakili masyarakat dan tenaga kesehatan Kab. Kampar mengucapkan ribuan terima kasih kepada PT Tunggal Yunus Estate. Semoga PT Tunggal Yunus Estate semakin maju, berkembang dan sukses,” pungkasnya seraya menghimbau warga agar tidak sepele memandang Covid-19.

Karena tantangan terbesar pemerintah termasuk pemerintah daerah adalah kesadaran dan kejujuran masyarakat.  Banyak warga sepele memandang covid ini, banyak yang tidak pakai masker, banyak yang tidak mengikuti Protokol Kesehatan dengan berbagai alasan. 

''Boleh bekerja karena faktor ekonomi, tapi ya harus pakai masker dan lainnya.  Bahkan ada di antara warga yang tidak jujur, ketika pulang dari luar daerah tidak mau terus terang dan baru mengeluh kemudian berobat ketika sudah menunjukkan gejala. Padahal sebelumnya sudah bermain, bersilaturahmi ke mana mana. Harapan kami, dalam beraktifitas sehari-hari tetaplah bermasker, lakukan lah protokol kesehatan,” imbuhnya.

Kasi Pemerintahan Kec Tapung, Daniel Eriyazid, S Sos juga mengapresiasi kepedulian perusahaan terkhusus untuk melindungi paramedis.

“Kami dari pemerintahan Kecamatan Tapung, mewakili seluruh masyarakat mengucapkan terima kasih kepada PT Tunggal Yunus Esatate atas  bantuan APD yang diberikan ke Puskesmas Tapung.  Memang bantuan ini untuk tenaga kesehatan Puskesmas, tetapi pada dasarnya ketika tenaga kesehatannya sehat, maka pelayanan kesehatan ke masyarakat juga akan berjalan baik,'' tuturnya.

Sehingga, kata Daniel lagi,  jika sehat semua,  Puskesmas ini akan semakin bersemangat untuk  menggalakkan warganya untuk hidup sehat.  ''Jadi pada saat ini, sasaran dari bantuan perusahaan itu tepat sekali, yaitu melengkapi apd di puskesmas,” pungkasnya. (Den)

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :