Ujian Nasional 2019

Ombudsman Awasi Pelaksanaan UN di Riau

Pelaksanaan UNBK di salah satu sekolah di Riau

Beritariau.com, Pekanbaru - Ombudsman RI perwakilan Provinsi Riau memantau pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di wilayah tersebut. 

Komisioner Ombudsman Riau Bambang Pratama kepada di Pekanbaru, Senin mengatakan selain melaksanakan pemantauan secara langsung, Ombudsman juga membuka posko pengaduan pelaksanaan ujian. 

"Ada pemantauan dari kita, kemudian sudah ada Posko juga," katanya. 

Sebanyak 66.143 siswa SMA, MA serta SMA Luar Biasa di Provinsi Riau melaksanakan ujian nasional yang berlangsung pada 1, 2, 4 dan 8 April 2019 ini. 60.302 siswa diantaranya melaksanakan ujian dengan menggunakan komputer, sementara sisanya Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). 

Bambang mengatakan pada pelaksanaan hari perdana ini, Ombudsman mengirim tim pemantau ujian ke Kabupaten Siak. Fokus utama Ombudsman, lanjutnya, adalah kesiapan jaringan dan ketersediaan listrik di sekolah yang telah menerapkan UNBK. 

Dia mengakui bahwa pelaksanaan UNBK berdampak signifikan dalam menekan kecurangan-kecurangan. "UNBK jauh lebih baik dibanding Paper test. Temuan jauh lebih minim. Dulu sering kita temukan kecurangan, dari kunci jawaban, bawa ponsel, bahkan kerjasama dengan tim sukses kurikulum," jelasnya.