Panglima-Kapolri Terbang Ke Rupat, Pantau Karhutla

Penulis : user | Kamis, 14 Maret 2019 - 05:51 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengawali kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau dengan meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Panglima dan Kapolri tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Rabu siang (13/3) sekitar pukul 11.00 WIB dengan menumpang pesawat militer Boeing 737 TNI AU.

Kedatangan kedua pemimpin tertinggi TNI dan Polri tersebut disambut Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah. 

Setelah beristirahat sekitar 15 menit di gedung VIP Pandawa Lanud Roesmin Nurjadin, keduanya langsung terbang ke Pulau Rupat dengan menggunakan dua helikopter Super Puma TNI AU. 

Kedatangan Hadi Tjahjanto hari ini merupakan yang kedua kalinya dalam tempo kurang dari satu bulan terakhir.

Sebelumnya pada 24 Februari 2019 lalu, Hadi juga ke Rupat, saat Pulau terluar di Provinsi Riau yang berada di bibir Selat Malaka itu luluh lantak dilanda kebakaran lahan hebat. 

Kala itu, Hadi menjanjikan akan mengirim armada helikopter dan pesawat guna pengeboman air dan operasi modifikasi cuaca.

Selain itu, dia juga menyebutkan akan mengirim prajurit TNI ke lokasi tersebut guna memaksimalkan pemadaman titik-titik api. 

Selang beberapa hari kemudian, seluruh peralatan berupa pesawat, helikopter dan 100 prajurit Kostrad tiba di Pulau Rupat guna membantu memaksimalkan upaya penanggulangan titik-titik api. 

Dari kunjungan itu, Panglima dan Kapolri menilai penanganan Karhutla di Rupat berjalan dengan baik. "Tadi pak panglima dan Kapolri sudah memantau dari atas. Nihil titik api, sudah hijau semuanya," kata Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Syahar.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, sedikitnya 1.800 hektare di wilayah itu hangus terbakar. Kebakaran terluas terjadi di Kabupaten Bengkalis, termasuk Pulau Rupat yang mencapai hampir 1.000 hektare. 

Sesuai jadwal, Hadi Tjahjanto dan Tito Karnavian akan melakukan sejumlah kegiatan secara bersama-sama di Provinsi Riau.

Selain meninjau Karhutla di Rupat, keduanya juga dijadwalkan akan mengunjungi pesantren di Kabupaten Kampar, memberikan pengarahan kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau serta kegiatan PWNU di Kota Pekanbaru. 

Pada hari yang sama, Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto juga melaksanakan kampanye di Kota Pekanbaru yang dihadiri ribuan warga kota. [ard]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :