Warga Kampar dukung Polda Riau tindak tambang pasir ilegal

Penulis : admin | Selasa, 24 Juli 2018 - 18:29 WIB

ilustrasi

Beritariau.com, Pekanbaru - ‎Kabar adanya operasi penertiban aktivitas Galian C oleh Polda Riau yang menyasar lokasi Galian di Dusun Tello Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang, Jumat (20/07/18) sore lalu‎, disambut baik masyarakat.

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Kabupaten Kampar mendapat informasi bahwa penertiban itu dipimpin oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau.

‎Koordinator MAKI Kampar, M. Ikhsan mengungkapkan, sedikitnya ada 3 (tiga) unit alat berat berupa eskavator dan 2 (dua) unit truk diamankan dari lokasi.

"Ada 10 orang pekerja yang diamankan, tapi belum jelas, ada atau tidak yang ditahan," ungkapnya, Senin (23/07/18).

Ikhsan mendukung agar operasi serupa terus dilakukan terhadap seluruh Galian C nakal di Kampar.

"Kita minta supaya jangan hanya satu tempat aja. Di tempat lain juga," ujarnya.

Ia mengatakan, Galian C memang sangat marak di Kampar. Selain tanpa izin dan manipulatif, penambangan pasir dan batu juga telah nyata-nyata merusak lingkungan.

"Negara juga dirugikan miliaran bahkan triliunan dari dampak lingkungan yang ditimbulkan dan pengemplangan pajak," terangnya.

Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Kampar, kata dia, juga harus berkoordinasi dengan Kepolisian dan TNI. "Sudah waktunya ada aksi nyata menertibkan Galian C nakal. Sudah sangat meresahkan," kata Ikhsan. "Kalau di Jawa, Galian C lagi gencar-gencarnya ditertibkan," imbuhnya. [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :