F-16 C/D Secara Bertahap Gantikan F-16 A/B Saat Ini

F16 C/D Hibah Amerika Mulai Perkuat Lanud Roesmin Nurjadin

Penampakan F-16 C/D Sesaat Mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin

Beritariau.com, Pekanbaru - Lima unit pesawat tempur jenis F16 C/D "fighting falcon" Block 52ID tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Provinsi Riau.


Pesawat itu mendarat di Pekanbaru setelah menempuh penerbangan dari Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur, Kamis. 


Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Age Wiraksono di Pekanbaru mengatakan ke lima jet tempur itu merupakan bagian dari 24 F-16 C/D Hibah Amerika Serikat.
     

"Lima unit pesawat F16 C/D yang hadir hari ini merupakan bagian dari 24 pesawat F16 C/D yang dibeli dari Amerika Serikat," katanya.

  
Ke lima jet tempur buatan negeri Paman Sam itu secara bertahap akan menggantikan pesawat F16 A/B yang saat ini memperkuat Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin. 

     
Dengan hadirnya pesawat F16 C/D, nantinya F16 generasi sebelumnya akan menjalani peningkatan kemampuan atau "upgrade" secara bertahap di Lanud Iswahyudi. 

     
Secara perlahan, dia mengatakan Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin seluruhnya akan diperkuat dengan 24 unit pesawat F16 C/D yang merupakan hibah dari Amerika Serikat tersebut. 

     
Lebih jauh, ia menjelaskan seluruh penerbangan Lanud Roesmin Nurjadin telah siap dan mampu menerangkan pesawat generasi baru tersebut. 

     
"Seluruh penerbang disini sudah mampu menerbangkan seluruh F16. Kapanpun siap tempur, siang, malan, perang udara, darat, laut, siap," tegasnya. 

    
Lanud Roesmin Nurjadin merupakan satu-satunya pangkalan militer tipe A di Sumatera yang dilengkapi dua skuadron pesawat tempur TNI AU, yaitu Skuadron Udara 12 yang bermaterikan Hawk 100/200 buatan British Aerospace dan Skuadron Udara 16 yang bermaterikan F-16 Fighting FalconBlock52ID. [Don]