Pembangunan Empat Gardu Induk di Riau Terus Digesa

Beritariau.com, Pekanbaru - Pembangunan empat gardu induk beserta transmisinya yang tersebar di beberapa kabupaten di Riau terus digesa. Diungkapkan GM PLN Wilayah Riau Kepri Feby Joko Priharto, diharapkan keempat gardu induk tersebut akan bisa beroperasi para bulan Februari tahun ini.

GM PLN Wilayah Riau mengaku pihaknya terus mnggesa pembangunan empat gardu induk yang tersebar di beberapa kabupaten. Pada bulan Februari diharapkan telah beroperasi. Keempat gardu induk tersebut terletak di Pangkalan Kerinci, Rengat, Pasir Pengaraian dan di Bagansiapi-api. Sementara untuk gardu induk di Pasir Putih sudah mulai beroperasi. 

"Kalau semuanya sudah bisa beroperasi, maka 2017 ini elektrefikasi desa-desa yang belum dialiri listrik semakin meningkat. Saat inikan baru di Pasir Putih, sisanya seperti Rengat, Pasir Pengaraian serta Bagansiapi-api akan menyusul," kata Feby Joko Priharto dikutip dari Riauterkini, Kamis (26/1/2017). 

Diharapkan akhir bulan ini atau pertengahan Februari gardu induk Pangkalan Kerini Rengat, Pasir Pengaraian dan Bagan Siapi-api sudah tuntas. Dengan begitu ketersediaan daya yang selama ini masih menjadi masalah tak ada lagi. ‎ 

Selain itu, gardu induk disejumlah daerah lainnya seperti Siak, Bengkalis, Tembilahan dan Kuala Enok sudah masuk dalam Rencana Umum Penyedia Tenaga Listrik (RUPTL). Diharapkan 2019 mendatang sudah bisa terwujud untuk mendukung kelistrikan di Riau. 

Hal ini sesuai dengan fungsi dari PLTU Tenayan Raya itu sendiri yang menjadi tulang punggung kelistrikan bukan hanya di Riau. Tetapi juga untuk Sumatera Tengah. 

"Gardu induk inikan difungsikan untuk mendistribusikan daya yang ada di PLTU. Kalau gardu induk ini sudah banyak dibangun di Riau maka masalah kelistrikan sudah terpenuhi," ungkap Feby. [red]