Dipimpin Pj Wako Pekanbaru, TAGANA Ikuti Apel Siaga Antisipasi Ancaman Bencana Alam

Beritariau.com, Pekanbaru - Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, memimpin langsung apel kesiapsiagaan siaga darurat bencana yang berlangsung di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Senin (21/11).

Muflihun turut meninjau kesiapan peralatan dan kendaraan pendukung dalam penanganan bencana didampingi Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil dan unsur forkopimda.

Mulfihun mengatakan bahwa apel ini sebagai bentuk kesiapan para personel gabungan dalam menghadapi potensi bencana. Pemerintah kota juga sudah menetapkan status siaga darurat ini melihat kondisi curah hujan yang diprediksi memasuki puncak pada bulan November 2022.

"Aparat gabungan pun melakukan langkah antisipasi membentuk tim siaga darurat sebagai bentuk kesiapsiagaan," tutur Muflihun. 

Muflihun menambahkan bahwa apel ini sebagai langkah kesiapsiagaan untuk mengurangi risiko dan dampak bencana banjir. Mereka juga mengantisipasi adanya ancaman angin puting beliung maupun tanah longsor.

Sementara itu, Ketua Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Helena Reza putri, SSi mengatakan bahwa TAGANA juga dilibatkan bersama TNI, POLRI, LANUD,  BASARNAS, BPBD dan lainnya dalam apel kesiapan tersebut. 

Helena menjelaskan, TAGANA sebagai salah satu pilar Dinas Sosial yang khusus untuk penanganan bencana baik itu bencana Alam ataupun bencana sosial. 

"Tadi Pak Pj Walikota sudah memberikan arahan, dan TAGANA selama ini selalu hadir dalam setiap kebencanaan yang melanda kota Pekanbaru, baik itu Banjir, Puting Beliung, Longsor dan kebakaran," tutup  Helena. (*)