Akhir Tahun, DKP Riau Sebut Kapal Bantuan KKP Rp700 Juta bakal Diserahkan ke Nelayan

Ilustrasi/

Beritariau.com, Pekanbaru - Progres pengadaan bantuan 2 unit kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk kelompok nelayan di Riau capai 20 persen. Ditargetkan, Desember 2022 ini akan diserahkan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau, Herman Mahmud mengatakan, bantuan kapal fiber 5 GT tersebut akan disalurkan ke Koperasi Konsumen Agro Sejahtera Bersama, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Kemudian, Koperasi Bintang Laut, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Bantuan kapal dari KKP masih proses pembuatan. Progresnya saat ini sudah 20 persen," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau, Herman Mahmud, Kamis (29/9/2022).

Disebutkan, pengadaan 2 kapal fiber bantuan KKP tersebut dimenangkan CV Prizal yang beralamat di Selatpanjang, Kepulauan Meranti itu dengan nilai kontrak Rp700 juta lebih. Sedangkan pekerjaan pembuatan kapal sendiri ditargetkan awal Desember sudah selesai.

"Kita targetkan awal Desember sudah selesai pembuatan kapalnya. Nanti kita serahkan kepada 2 kelompok nelayan di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Bengkalis," sebutnya.

Herman berharap, dengan adanya bantuan ini bisa meningkatkan daya tangkap nelayan. Sehingga perekonomian masyarakat nelayan kedepan terbantu," tukasnya.

Untuk diketahui, awalnya Provinsi Riau akan mendapatkan bantuan 5 kapal dari tugas pembantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) KKP. Namun, karena di KKP ada refocusing anggaran, maka Riau hanya mendapat bantuan 2 kapal. (*)