Operasikan Politeknik, Pemko Tunggu Izin Jurusan Baru dari Kemendikbud

Beritariau.com, Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, hingga kini masih menunggu izin tiga jurusan baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengoperasikan Politeknik.

"Izin dari kementerian belum keluar kemarin. Izin penambahan jurusan baru, karena itu kan dikerjasamakan dengan Politeknik Batam," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru H. Muhammad Jamil, M.Ag M.Si, Kamis (29/9).

"Infonya dari dinas terkait (Dinas Pendidikan) belum ada dibuka jurusan baru itu, sehingga (perkuliahan di Politeknik) belum bisa dilaksanakan. Kita tentu menunggu izin dulu. Kalau tidak ada izin, bagaimana mau kita buka," ulasnya.

Disampaikan Jamil, ketiga jurusan baru dimaksud saat ini telah diterapkan di Politeknik Batam. Hanya saja, untuk diterapkan di Politeknik Pekanbaru mesti mendapat izin dari Kemendikbud terlebih dahulu.

"Jadi kemarin kita ada ajukan tiga izin jurusan baru, sementara jurusan itu berada di Politeknik Batam. Itu yang akan dikerjasamakan dengan kita. Izin itulah yang sampai sekarang belum ada dari Kementerian Pendidikan," ungkapnya.

Meski demikian, ia memastikan jika program pembangunan dan pengoperasian Politeknik masih terus berlanjut.

"Sampai sekarang kan programnya masih berlanjut. Nanti kita tanyakan juga sama pak Pj (Penjabat Walikota), apakah dilanjutkan atau tidak," ucapnya.

Sementara untuk sarana dan prasarana di kampus Politeknik, disebutkan Jamil sudah tersedia.

"Kalau sarana-prasarana, sekarang kan sudah ada, tinggal izinnya saja yang belum. Makanya kita kemarin berharap izinnya keluar tahun ini," tutupnya. (*)