Jika Pembangunan RLH Tahap I Capai 40 Persen, Perkim Proses Pencairan Tahap II

Kepala Bidang Kawasan Pemukiman Kevin Okta Saputra S.STP M.Si

Beritariau.com, Pekanbaru - Jika nantinya pembangunan rumah layak huni (RLH) tahap I yang ada di 30 kelurahan sudah mencapai 40 persen, pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pekanbaru akan memproses pencairan anggaran tahap II.

Ini disampaikan Plt Kepala Dinas Perkim Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution kepada media melalui Kepala Bidang Kawasan Pemukiman Kevin Okta Saputra S.STP M.Si, Rabu (21/9).

"Nanti setelah progresnya mencapai 40 persen, nanti baru kita turunkan lagi dana tahap keduanya," ujar Kevin.

Saat ini anggaran tahap satu untuk pembangunan RLH sudah dicairkan Pemerintah Provinsi Riau ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru. Anggaran tersebut disalurkan ke masing-masing kelompok masyarakat (Pokmas) yang ada di 30 kelurahan.

Saat ini Dinas Perkim bersama Pokmas kelurahan melakukan pembongkaran rumah warga yang mendapatkan bantuan pembangunan RLH.

Data Dinas Perkim Kota Pekanbaru, di Kecamatan Marpoyan Damai akan dibangun 1 RLH. Kecamatan Bukit Raya 3 RLH, Kecamatan Senapelan 1 RLH, Kecamatan Tuah Madani 4 RLH, Kecamatan
Sail 1 RLH, Kecamatan
Rumbai Barat 2 RLH, Kecamatan Rumbai 3 RLH, Kecamatan Lima Puluh 1 RLH, Kecamatan Kulim 4 RLH, Kecamatan Tenayan Raya 2 RLH, Kecamatan Rumbai Timur 5 RLH, dan Kecamatan Payung Sekaki 3.

Tepatnya di Kelurahan Maharatu, Air Dingin, Simpang Tiga, Kampung Baru, Tangkerang Labuai, Tuah Karya, Sialang Munggu, Tuah Madani, Sidomulyo Barat, Sukamaju, Muara Fajar Timur, Muara Fajar Barat, Palas, Pesisir, Pebatuan, Tuah Negeri, Rejosari, Kulim, Lembah Sari, Mentangor, Sungai Ambang, Sungai Ukai, TB Okura, Limbungan, Air Hitam, Labuh Baru Barat, Rantau Panjang, Sialang Rampai, Umban Sari dan Kelurahan Tampan.

Tahun ini Pekanbaru mendapatkan bantuan keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Riau sebesar Rp 5,4 miliar. Anggaran itu dimanfaatkan untuk pembangunan 90 unit RLH. (*)