Masa Pandemi Covid-19,

DBA Langgam Binaan Asian Agri Sukses Beternak Lebah Madu

Penulis : user | Kamis, 28 Januari 2021 - 18:03 WIB

Baritariau.com, Langgam - Di masa Pandemi Covid-19 atau virus Corona, kelompok Desa Bebas Api (DBA) Desa Tambak, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan binaan Asian Agri malah sukses beternak lebah, penghasil madu

 

Crew Leader DBA Desa Tambak binaan Asian Agri Zulkatab kepada wartawan, Kamis (28/1/2021), mengatakan budi daya beternak lebah mau ini tidak menjadikan patroli api berhenti.

 

“Walau ada Covid-19, kami tetap patroli api. Karena kewaspadaaan untuk mencegah karlahut tidak boleh kendor. Yang penting kita jangan lupa dalam menjalankan tugas kita tetap memperhatikan prokes 3 M, bermasker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan," ujarnya.

 

Zulkatab dengan kelompok petani binaan Asian Agri bersyukur karena sudah punya usaha sampingan, ternak madu.

 

"Sehingga tim kami rutin juga mengkonsumsi madu guna meningkatkan immunitas tubuh ketika berpatroli. Alhamdulillah sampai saat ini kami sehat semua,” katanya lagi.

 

Ternak madu yang dimaksud Zulkatab adalah ternak lebah trigonal yang menghasilkan madu kelulut yang dikembangkan oleh Tim DBA di sela-sela kegiatan patroli rutin mereka.  

 

“Syukurnya selain dilatih tentang karlahut, kami juga mendapat dukungan perusahaan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat peduli api. Salah satunya dengan cara mengembangkan ternak lebah trigonal yang menghasilkan madu kelulut," ungkapnya.

 

Madu yang dihasilkan, imbuhnya, selain dijual kepada masyarakat di kecamatan, juga dikirim ke daerah lain. Setiap anggota Tim DBA juga mendapatkan 1,5 ons madu untuk meningkatkan immunitas mereka selama melakukan tugas menjaga desa bebas dari api.

 

Sebagai Crew Leader, menurut Zulkatab, dia harus memastikan agar beragam upaya yang dilakukan untuk mencegah kebakaran laham dan hutan (Karlahut) di desanya tetap berjalan sebagaimana seharusnya. 

 

Oleh kerana itu, dia bersyukur usaha mereka di tahun 2020 membuahkan hasil, di mana Desa Tambak, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan berhasil bebas api.

 

Hal serupa disampaikan Hafiz Hazalin Sinaga, Manager Desa Bebas Api Asian Agri. Menurut dia, seluruh DBA (Desa Bebas Api) binaan Asian Agri di tahun 2020 berhasil bebas dari kebakaran. 

 

“Alhamdulillah, kita bersyukur karena di tahun 2020 seluruh desa binaaan perusahaan berhasil menjaga desanya bebas dari Karlahut," tuturnya.

 

Hal ini, imbuh Hafiz Sinaga, merupakan berkat kerjasama dengan beragam stakeholder, baik itu pemerintah, TNI, Polri maupun swasta, dan yang terutama masyarakat yang sudah mau turut menjaga desa bebas dari api. 

 

Perusahaan sendiri tetap komit untuk terus mendukung agar DBA binaan perusahaan dapat terus menjaga desa bebas Karlahut, baik itu melalui program-program pelatihan, maupun peningkatan perekonomian, seperti ternak lebah trigonal, berkebun nenas dan lainnya.

 

Hafiz mengatakan, Asian Agri, melalui kebijakan keberlanjutan senantiasa berkomitmen dalam menerapkan praktik terbaik untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan maupun masyarakat. Salah satunya melalui Program DBA, dimana sejak program ini dicanangkan pada tahun 2016 berhasil mendorong masyarakat desa memahami bahaya Karlahut.

 

Selain itu, beragam program DBA juga di fokuskan agar masyarakat aktif turut mencegah terjadinya Karlahut di desa. Di antaranya dengan pemberian reward bagi desa binaan yang bisa menjaga desa bebas dari api, pelatihan terkait karlahut, program pembukaan lahan tanpa bakar, beternak lebah, budidaya nenas, budidaya kelapa hibrida dan lain sebagainya. * (Den)

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :