Reses Di Kelurahan Pesisir

Warga Keluar Masuk Lapas Minta Perhatian, Victor Babe Parulian Bakal Usulkan Program Sosper

Penulis : admin | Rabu, 06 November 2019 - 18:52 WIB

RESES - Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi PDI Perjuangan, Victor Parulian, menggelar reses di Daerah Pemilihan 1 Lima Puluh, Pekanbaru Kota dan Sukajadi Rabu, 06/11/19 sore | Beritariau.com2019

Beritariau.com Pekanbaru - Warga RW 08 Jalan Tanjung Jati, Kelurahan Pesisir, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, Gutsong Sihombing, berharap kepada Anggota DPRD Kota Pekanbaru periode 2019-2024 untuk memperhatikan warga yang keluar dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) untuk dilakukan pembinaan.

Hal itu terungkap saat Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi PDI Perjuangan, Victor Parulian, menggelar reses (jemput aspirasi) di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 (Lima Puluh, Pekanbaru Kota dan Sukajadi), Rabu (06/11/19) sore.

Menurut Gutsong, warga yang keluar masuk lapas, rawan untuk melakukan upaya tindak kejahatan kriminal kembali. Ini katanya, tentu membuat para orang tua ataupun warga merasa khawatir jika ada warga yang kembali terjun ke 'lembah hitam'. Gutsong berharap perlu adanya upaya program yang jelas ditengah masyarakat.

"Saudara kita yang terkena pembinaan dari lapas, sangat rentan kembali ke dunia yang tidak baik. Itu yang saya pantau selama ini. Keluar masuk lapas tidak membuat efek jera, akan berulah kembali," Kata Gutsong, dalam aspirasi reses nya.

Gutsong menyebutkan, saat keluar masuk lapas, warga berbaur di tengah masyarakat. Harusnya perlu adanya pemantauan ulang kembali saat keluar dari lapas. Tidak hanya pembinaan di dalam penjara saja.

"Jika perlu ada pendampingan dari pihak kepolisian. Dilakukan pembinaan apakah door to door untuk memotivasi agar warga binaan ini tidak mengulang kembali upaya kejahatan yang merugikan masyarakat. Warga binaan punya hak dan kehidupan untuk dibina ke arah yang baik," papar Gutsong.

Menjawab aspirasi warga itu, pria yang akrab disapa dengan sebutan 'Babe' ini mengatakan bahwa aspirasi warga itu sudah ada dalam program yang dicanangkan oleh DPRD Kota Pekanbaru.

Adapun kata Babe, program dari DPRD Pekanbaru tersebut nantinya bernama Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper). Dalam program sosper ini, produk hukum Perda yang dibuat oleh legislatif nanti, akan fokus pada pendidikan hukum ditengah masyarakat.

"Apa yang bapak minta segera kita lakukan. Mudah-mudahan awal tahun 2020 program Sosper akan berjalan untuk pembinaan pendidikan hukum ditengah masyarakat. Sama-sama kita berdoa, Program Sosper ini akan mengundang ahli dan narasumber yang berkopeten dan profesional," ucap Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru ini.

Kegiatan reses dari Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Victor 'Babe' Parulian ini, baru perdana dilakukan. Selain persoalan hukum dan sosial kemasyarakatan, beberapa aspirasi juga disampaikan oleh warga.

Aspirasi tersebut diantaranya yakni, pencegahan kebakaran di tengah rumah padat penduduk dan perlunya racun api di lokasi strategis, persoalan adanya layanan ksehatan seperti Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang ditolak oleh instansi kesehatan, bantuan bagi kader posyandu dan kader Kampung KB.

Selain itu, persoalan infrastruktur juga diminta oleh masyarakat seperti perbaikan saluran drainase yang menjadi muara banjir di tengah pemukiman padat penduduk di RW 08 Kelurahan Pesisir Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru. Aspirasi pendidikan juga menjadi jeritan warga karena adanya aturan sistem Zonasi yang membuat anak kesulitan masuk di Sekolah Negeri.

Reses yang dihadiri oleh ratusan warga tersebut dihadiri oleh Lurah Pesisir, Agus Suhartiono, Tim Dinas Sosial Pekanbaru, Rahma, Kader PAC PDI Perjuangan, Ketua RW 08 Ibnu Hajar, Tokoh Masyarakat, Syahrul dan lainnya. [bam]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :