BPBD Riau Kirim Logistik Makanan ke Empat Daerah Terdampak Banjir

Ilustrasi

Beritariau.com, Pekanbaru - Delapan daerah di Riau saat ini dilanda banjir. Yakni Kampar, Kuantan Singingi (Kuansing), Bengkalis, Siak, Pelalawan, Dumai dan Indragiri Hulu (Inhu) ssrta Rokan Hulu.(Rohul). 

Dari tujuh daerah yang terkena musibah banjir, empat di antaranya sudah mengajukan  permohonan bantuan logistik berupa makanan ke Provinsi Riau. Permintaan itu sudah ditindak lanjuti dengan cepat. 

"Bantuan yang sudah kita kirim ke Kuansing,  Bengkalis, Rohul, dan Kampar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edy Afrizal, Selasa (26/12/23). 

Bantuan yang dikirim tersebut disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan daerah terkait. Di antaranya Kuansing, berupa gula 100 kilogram (Kg), sarden 96 kaleng, minyak goreng 48 liter, selimut 100  lembar, kain sarung 100 lembar, goedie bag 100 lembar, sabun cair 408 pcs, sabun batang 432 pcs. 

Edy mengaku masih terus berkomunikasi dengan daerah terkait perihal bantuan tersebut. Diharapkan daerah yang dilanda banjir dapat memberikan data dan fakta di lapangan. Sehingga BPBD Riau bisa merincikan bantuan yang akan diberikan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

"Mungkin daerah yang belum mengajukan berarti masih bisa ditangani sendiri. Tapi kita masih lakukan komunikasi. Ini upaya kita jemput bola," ujar Edy. 

Lebih lanjut, Edy juga menyatakan personil BPBD Riau saat ini sudah dalam keadaan siap siaga. Jika dibutuhkan, mereka sudah siap diterjunkan ke lokasi banjir membantu masyarakat.(MCRiau)