Waspada! Harimau Terlihat Muncul di Lahan Konsesi RAPP di Pelalawan

Screenshot harimau di kawasan PT RAPP (Foto: Istimewa)

Beritariau.com, Pangkalan Kerinci - Seekor harimau muncul dalam kawasan akasia, PT RAPP di Pelalawan, Riau. Atas kemunculan itu, pekerja diminta waspada serta tidak melakukan perburuan.

Dalam rekaman video sepeti dikutip dari detikSumut, seekor harimau terlihat berdiri tepat di atas batang pohon yang tumbang. Harimau menatap ke arah jalan yang dilewati mobil besar angkut kayu akasia menuju Pelabuhan Putong.

Kepala Balai BKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan membenarkan harimau muncul di kawasan perusahaan. Harimau muncul dalam kawasan PT RAPP beberapa waktu lalu.

"Itu betul (dalam kawasan PT RAPP), Tapi itukan dalam rumahnya, dihabitat aslinya," kata Genman, Kamis (27/4/2023).

Genman menyebut perusahaan punya SOP khusus dalam beraktivitas. Dia minta agar perusahaan tak lalai dan ada menimbulkan korban diterkam harimau.

"Perusahaan punya SOP, yang kita minta ke mereka berkali-kali agar SOP dijalankan. Ya harapannya kejadian yang tidak diinginkan tidak terjadi," katanya.

Terakhir, mantan Kepala BKSDA Sumatera Selatan itu meminta tidak ada pekerja dan masyarakat yang melakukan perburuan. Di mana lokasi kemunculan berada di daerah perbatasan Siak dan Pelalawan menuju ke Pelabuhan Putong.

"Tidak boleh berburu, muncul kemarin dan tim kita bersama RAPP akan melakukan sosialisasi juga. Terutama kepada petugas dan masyarakat sekitar, lokasi perbatasan Siak-Pelalawan," katanya. (*)