20 Tahun Bertikai, Kamsol Serahkan SHU KKPA Lahan Sawit Terantang

Beritariau.com, Tambang - Setelah 20 tahun Bertikai antar pengurus koperasi Iyo Basamo, berbagai upaya telah dilakukan oleh berbagai pihak  yang telah mengorbankan waktu, tenaga bahkan materi, akhirnya berkat sinergitas seluruh komponen, Pemkab Kampar, Forkopimda, Kecamatan, Ninik Mamak dan tokoh Masyrakat Beberapa waktu lalu telah mencapai kata sepakat dan telah berkomitmen untuk tidak lagi mengenang masa lalu dan bertekad bersama membangun masyarakat Terantang Kecamatan Tambang. 

Puncaknya dengan penyerahan Sisa Hasil Usaha (SHU) oleh Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM terhadap Kebun sawit seluas 425 Ha dengan pola Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA) dengan Bapak Angkat atau Mitra PT Perkebunan Nusantara (PT PN V), sebanyak 1.569 Orang memperoleh SHU dengan besaran Rp. 500. 000,00. 

Penyerahan yang di pusatkan di Pasar Terantang Kecamatan Tambang, Kamis, 05/01 Pj Bupati Kampar Dr. Kamsol, MM dalam padatnya mengatakan kita sangat bahagia sekali melihat kondisi ini. Masyrakat bersatu, gembira dan saling tegur. " Inilah gambaran Kabupaten Kampar sebenarnya, pemaaf, religi dan bernuansa sejuk, aman dan nyaman" Kata Kamsol yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M. Si,, Kadis Perkebunan Syahrizal, Kadis Koperasi perdagangan dan UMKM Kampar Henry Dunan, Camat Tambang Jamilus, Kepala Desa Terantang Muhammad Yanis, Ninik Mamak dan tokoh masyrakat. 

Selain penyerahan SHU Koperasi Iyo Basamo Kamsol juga meninjau Dermaga yang menjadi usulan masyarakat, Kamsol meminta agar segera dihitung jika memungkinkan kita Carikan solusi melalui CSR ataupun yang lain, selain itu masyarakat juga dapat bergotong Royong. 

Inilah kekuatan Kampar yang sebenarnya, ukhuwah Islamiyah, inilah sejatinya kekuatan kita" Kata Kamsol lagi. Alhamdulillah kita punya falsafah Tali Bapilin Tigo, Tigo tungku sajoangan, inilah dasar kita untuk mencari solusi pada berbagai persoalan di Kampar " Kata Kamsol lagi. 

Bahkan jika kita semua bersatu seluruh permasalahan tidak ada yang tidak dapat yang tidak terselesaikan, bahkan dengan konsep ini masyarakat dapat kita tingkatkan kesejahteraan"  Kata Pj Bupati Kampar. 

Saya ingat betul kami hadir tengah malam di pasar ini pada paska kerusuhan, dan pada waktu itu kami bertekad untuk menyelesaikan persoalan ini, alhamdulilah ini sudah dapat kita realisasikan pada hari ini dengan diterimanya SHU kebun sawit " Kata Kamsol. 

Semoga dengan Lahan seluas 425 Ha dengan metode KKPA bersama dengan PTPN V dapat memberikan keberkahan, hilangkan syak wasangka, kembali bersatu, bersama - sama bangun Terantang yang maju dan sejahtera" Harap Kamsol. 

Kampar terus berbenah melalui program pembangunan, peningkatan infrastruktur, UMKM maupun pariwisata, juga Kampar telah membangun media promosi Halal Hub Kampar, menghidupkan kembali Instalasi Cool Storage (ICS) Koto Perambahan, Dukung dan Sukseskan Program pemerintah Kabupaten Kampar " Tutup Kamsol. 

Sementara itu Hermanto, S.pdi Datuok Mangkuto atas nama ninik mamak kenegerian Terantang menyatakan ucapan 
Terima kasih kepada Pj Bupati Kampar atas perjuangan dalam penyelesaian persoalan yang dihadapi oleh masyarakat Terantang, alhamdulilah telah tercapai kesepakatan di koperasi Iyo Basamo, dan hari ini kita dapat memberikan Sisa Hasil Usaha Kepada Masyrakat " Kata Hermanto. 

Kami bersama anak kemanakan bertekad Tidak ada lagi perpecahan, dualisme, bersatu kembali seperti sedia kala" Tambah Hermanto. 

Histori yang panjang dan telah mengeluarkan pengorbanan baik materi maupun korban lainnya, alhamdulilah telah dapat di cari solusi" Katanya lagi. 

Sementara itu Mewakili  PTPN V  Muhammad Rudi Manajer PTPN V Sei Pagar menyatakan tekad kita adalah Terantang damai, Kita sangat bersyukur 20 Tahun perseteruan yang telah mengorbankan waktu, jiwa dan materi, hari ini telah kita selesaikan, alhamdulillah perjuangan yang kita lakukan telah berhasil" Muhammad Rudi. 

Yuslianti Pengurus Koperasi Iyo Basamo mengatkan kita lupakan sengketa karena tujuan kita semua sama, untuk kesejahteraan masyarakat Terantang, kami ucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Kampar dan seluruh komponen masytakat yang telah 

Inilah sesungguhnya yang kita inginkan, tidak ada keinginan untuk perpecahan, perseteruan boleh dikatakan kemarin kita mementingkan ego masing-masing, hari ini sejarah baru bagi Terantang " Kata Yuslianti. 

" Tidak ada lagi perpecahan setelah ini, Bagimana masytakat Terantang semua damai" Kata Yuslianti singkat. 

Hal senada juga dikatakan Hermsyelis, S. Ag yang juga pengurus koperasi Iyo Basamo dalam sambutan menyampaikan bahwa tidak ada dualisme koperasi Iyo Basamo, semua masyarakat berhak atas koperasi Iyo Basamo, permohonan kami tidak ada lagi perpecahan, tujuan kita untuk masytakat Terantang, jangan mau lagi di adu domba " Kata Hermayalis. 

Cuma satu permintaan kami kepada Pj Bupati Kampar yakni Dermaga rakit yang sudah lapuk dan runtuh, sehingga sulit bagi masyrakat untuk menyeberang, Mohon ini dapat di perbaiki" Kata Hermsyelis. (*)