MTsN 1 Kota Pekanbaru Wakili Provinsi Riau dalam MRC 2022

Beritariau.com, Pekanbaru - Tim Robotik MTsN 1 Pekanbaru yang telah lolos seleksi beberapa waktu lalu akan mewakili Provinsi Riau dalam ajang Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotics Competition (MRC) 2022 di Yogyakarta digelar pada 22 - 23 November 2022.

Acara yang diselenggarakan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI diikuti oleh 180 tim robotic dari berbagai madrasah saling adu kecanggihan. Event ini dibuka dengan pameran robot karya anak-anak madrasah, workshop dan mendatangkan berbagai narasumber dari sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang robotik.

MTsN 1 Pekanbaru yang berhasil lolos ketingkat nasional dan membawa nama provinsi Riau pada MRC 2022 tampil dengan kategori lomba robot inovasi, Robot For House dengan nama robot Vamor.

“Ide ini dirancang sedemikiam rupa oleh siswi terbaik MTsN 1 Kota Pekanbaru, yaitu Cira Callista Hana Fadhli dan Putri Faizah Ramadhani siswi kelas VIII.2,” ungkap Kepala MTsN 1 Pekanbaru Irwan Efendi M.Pd.I didampingi Sri Nurbayani, S.Pd dan Alfirman, M.Kom selaku pembimbing peserta disela- sela aktivitas di MRC Nasional.

Ia menjelaskan, robot yang ditampilkan oleh siswa MTsN 1 Pekanbaru adalah robot VAMOR merupakan singkatan dari beberapa kata dalam bahasa inggris, VA yang merupakan singkatan dari kata “Vacuum Cleaner” yang memiliki arti “penyedot debu”, M merupakan singkatan dari kata “Mop” yang memiliki arti “Pengepel”, dan OR yang merupakan singkatan dari kata “Floor Dryer” yang memiki arti “Pengering Lantai”, maka dari nama ini sudah dapat menjelaskan bahwa robot ini terdiri dari penyedot, pengepel, dan pengering lantai dalam satu komponen.

“Harapannya, semoga pada kompetisi MRC tahun 2022 ini, MTsN 1 Kota Pekanbaru bisa meraih prestasi terbaik, untuk madrasah mandiri berprestasi,” harapnya. (*)