Tutup Kegiatan ACTION, Susiana Tabrani Resmikan Gedung Baru SMA Abdurrab Pekanbaru

Peresmian gedung SMA Abdurrab Pekanbaru

Beritariau.com, Pekanbaru - Pembina Yayasan Abdurrab, Dr. dr. Susiana Tabrani, M.Pd secara resmi menutup rangkaian acara Abdurrab Creative, Sport,and Inteligence (Action), dan dilanjutkan dengan peresmian gedung SMA Abdurrab, Sabtu (19/11/2022) di Komplek Kampus 2 Kedokteran Universitas Abdurrab, Jalan Bakti, Pekanbaru.

Susiana Tabrani menjelaskan acara Action rutin digelar setiap tahun, namun tahun lalu tak digelar karena adanya pandemi covid-19.

"Dalam target kami, pada poin ke 8 disebutkan kalau lulusan Abdurrab layak hidup di abad ke-21, hal ini juga mengajarkan kepada siswa untuk belajar menjadi event organizer, ini yang kita lakukan melalui Action ini," ujarnya.

Dijelaskannya, Action merupakan serangkaian kegiatan leadership Abdurrab Islamic School dalam aspek pengembangan diri murid sebagai event organizer dan sebagai implementasi dari 9 target lulusan Abdurrab Islamic School. 

Kegiatan yang ditaja oleh OSIS SMP dan SMA AIS sebagai implementasi dari Abdurrab Leadership Training yang telah dipelajari dalam rangakaian training mulai dari basic hingga advance. Adanya Action ini merupakan wadah bagi seluruh murid untuk mengekspresikan bakat dan jiwa kepemimpinan murid dalam memanajemen sebuah kegiatan juga sebagai ajang silaturahmi antar sekolah yang ada di provinsi Riau.

Action tahun 2022. Kegiatan ini adalam program tahunan, namun tahun lalu tidak diadakan karena pandemi Covid-19. 

"Salah satu target lulusan kami itu harus layak hidup di abad ke 21. Untuk itu OSIS harus merasakan menjadi Event Organizer (EO). Itulah tadi acara Action ini. Alhamdulilah sambutannya sangat bagu. Kegiatan ini digelar untuk SD dan juga SMP," sebutnya.

Terkait dengan peresmian gedung baru SMA Abdurrab, menurutnya ini bentuk komitmen dari Yayasan untuk terus memenuhi dan melengkapi fasilitas yang ada di kampus ini dan diharapkan ini bisa dan mampu menunjang aktivitas belajar mengajar.

Dijelaskan, gedung baru ini dibangun 3 lantai dengan 8 ruangan, di mana lantai 1 digunakan untuk perpustakaan dan ruang kelas, lalu lantai 2 untuk laboratorium IPA, biologi dan fisika. Sedangkan lantai 3 digunakan untuk latihan traditional art.

Tak berhenti sampai disini, Yayasan juga sedang membangun gedung tanbahan untuk mahasiswa kedokteran yang beberapa waktu lalu juga sudah diresmikan dan diharapkan bisa segera rampung.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Yayasan Abdurrab, Muhammad Syauli Perdana Putra, M.Pd menerangkan kalau kegiatan Action diikuti sebanyak 732 peserta dari 70 sekolah tingkat SD hingga SMP dari dalam luar Kota Pekanbaru.

Iven ini diselenggarakan oleh Abdurrab Islamic School mulai 14 hingga 19 November 2022 di Kampus 2, Jalan Bakti, Kecamatan Marpoyan Damai.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kembali kreativitas dan mengembangkan potensi yang ada pada peserta baik itu bakat dari hobi maupun dari kebiasaan yang mereka lakukan sehari-hari. Selain itu kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dari seluruh sekolah-sekolah yang ada di Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau. 

Kegiatan Action ini juga sempena dengan Hari Jadi Abdurrab Islamic School ke-10 dan akan berlangsung mulai tanggal 14 November-19 November 2022. Action merupakan kegiatan perlombaan yang mengusung tema, Mengembangkan Potensi di Negeri Melayu.

"Peserta Action ini berjumlah sekitar 700 orang yang berasal dari 32 SD dan 38 SMP di Provinsi Riau. Cabang perlombaan yang di lombakan pada kegiatan ini diantaranya, tahfizh Al-Qur'an tingkat SD dan SMP 134 Orang, Baca Puisi tingkat SD 41 Orang, cerdas cermat tingkat SD dan SMP 60 Orang, menggambar tingkat SD 40 Orang, poster digital tingkat SMP 20 orang, futsal tingkat SMP 25 tim, basket tingkat SMP 6 tim dan panahan yang akan dilaksanakan 26 November 2022," ujar

"Untuk seluruh kepanitiaannya itu murni dari murid semua, jadi guru-guru hanya sebagai konsultan atau pendamping. Jadi yang terlibat di lapangan semuanya anak-anak murid. Ini adalah ajang untuk membangun leadership mereka," imbuhnya. (*)