Pemkab Inhil Persiapkan Upaya Penanganan Darurat Fungsional Jembatan Desa Lahang Tengah

Beritariau.com, Tembilahan - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) turun langsung melihat kondisi jembatan roboh di Desa Lahang Tengah, Kecamatan Gaung.

Langkah tersebut sebagai tindak lanjut atas instruksi Bupati HM Wardan agar Dinas PUTR segera mencari solusi dan penanganan terhadap kondisi jembatan yang menjadi penghubung serta akses jalan Desa Lahang Tengah, Desa Lahang Hulu dan sebagian Desa Terusan Kempas menuju Ibukota Kecamatan Gaung.

"Berdasarkan instruksi Bapak Bupati, pada hari Rabu Sore bertepatan dengan 17 Agustus 2022, saya dan staf teknis serta didampingi Kepala Desa Lahang Tengah Arifin dan warga setempat telah melakukan tindakan perencanaan penanganan darurat fungsionalnya, walaupun sebelumnya masyarakat telah secara swadaya melakukan tindakan darurat sementara agar jembatan tersebut bisa dilewati," ujar Kepala Dinas PUTR Umar, ST MT, kemarin.

Untuk penanganan selanjutnya, dijelaskan Umar, Dinas PUTR sudah melakukan persiapan dengan mendatangkan bahan kayu atau batang kelapa dan kayu sejenisnya sebagai tiang jembatan dan bahan bangunan atas jembatan, yang menjadi bahan konstruksi darurat fungsional jembatan tersebut.

"Sedangkan tukang atau pekerjanya menggunakan tenaga masyarakat setempat yang lebih nengetahui situasi dan kondisi pada lokasi dan medan pekerjaan," terangnya.

Sebelum penanganan darurat fungsional dikerjakan, kata Umar lagi, masyarakat diimbau agar lebih berhati-hati saat melintas di atas jembatan tersebut, baik bagi pejalan kaki maupun kendaraan roda dua, dengan tidak membawa beban yg berlebih pada saat melewati jembatan.

"Ini demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau yang dapat membahayakan masyarakat," imbuhnya. (*)