Cari Madu di Dapur Warga

Oimak! Beruang Rusak 2 Rumah di Pelalawan

Petugas menunjuk sarang lebah berisi madu didapur warga.

Beritariau.com, Pekanbaru - Dua beruang dewasa dan satu anakan dilaporkan muncul di Dusun Pamai Lama Desa Bukit Kesuma, Pangkalan Kuras, Pelalawan, Rabu (3/11/2021). Dua rumah warga mengalami kerusakan. 

Kepada petugas yang diutus ke lokasi, warga mengaku beruang mencoba masuk dari dapur rumah untuk mengincar madu. Tidak hanya mengincar madu, keluarga beruang ini juga ikut menjadikan ayam warga sebagai santapan.

"Hasil pengecekan dilapangan tim Tim SKW I, BidWil I BBKSDA Riau melihat adanya kerusakan bekas cakaran beruang dirumah warga," kata Plt Kepala BKSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara, Kamis (4/11/2021).

Beruang juga dilaporkan membuat sarang dibelakang rumah warga dan terpantau mondar-mandir lebih kurang 1 minggu. 

"Warga yang dimintai keterangan mengatakan sekitar pukul 01.00 WIB beruang berusaha membuka dinding dapurnya dengan mencakar," kata Fifin.

Menurut tim yang turun, ada dua rumah warga yang menjadi sasaran didatangi beruang, yang pertama mencari madu dan kedua mencari ayam.

Diakhir kegiatan tim yang turun turut memberikan himbauan mencegah terjadinya konflik manusia dan beruang. Dengan tidak melakukan tindakan anarkis terhadap beruang dan lebih baik mengusir dengan menghidupkan api unggun atau penerangan lainnya di tempat-tempat biasa di datangi beruang.

"Jika muncul kembali tetap berkoordinasi dengan pihak bksda riau terkait beruang tersebut," pungkasnya.***