Giliran SD Boleh Belajar Tatap Muka

Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas.

Beritariau.com, Pekanbaru - Meski beberapa tempat di Pekanbaru, masih berstatus zona merah. Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, telah mempersilahkan proses belajar tatap muka bagi siswa sekolah dasar (SD), pada Senin (13/9/2021) ini.

Sebelumnya, hal serupa juga telah diterapkan untuk seluruh Setelah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pekanbaru.

Kabar ini disampaikan Kepala Disdik Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas, Ahad (12/9/2021). Ia mengatakan, izin belajar tatap muka ini berdasarkan status PPKM di wilayah tersebut.

"Senin besok ini siswa SD sudah mulai belajar tatap muka," kata Ismardi Ilyas.

Izin penerapan belajar tatap muka ini, lanjut Ilyas, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 37 Tahun 2021 dan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri di antaranya Menteri Dalam Negeri, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Agama.

"Kebijakan belajar tatap muka tidak lagi didasarkan pada sebaran wabah per kecamatan, tapi sesuai dengan zona/status daerah yang ditetapkan pusat. Sesuai isi Inmendagri itu," jelas Ilyas.

Lebih jauh, kata Ilyas, hal ini juga sejalan dengan status Pekanbaru sudah pada level tiga (zona oranye.

Meski begitu, untuk melangsungkan belajar tatap muka. Terlebih dahulu pihak sekolah harus mengajukan permohonan ke Disdik, lalu melengkapi fasilitas protokol kesehatan di tempat masing-masing.

"Permohonan ini wajib diajukan pihak sekolah ke Dinas Pendidikan dan tentunya harus melengkapi fasilitas protokol kesehatan," ungkapnya.

Selanjutnya, dari izin yang disampaikan pihak sekolah. Kemudian pihaknya menurunkan tim melakukan peninjauan fasilitas prokes. 

"Setelah dipastikan lengkap dari hasil peninjuan, selanjutnya baru akan dikeluarkan rekomendasi izin belajar tatap muka," ujar Ilyas.***