Ribuan Masyarakat Antusias, MTQ Provinsi Riau ke 42 di Dumai Resmi Dibuka

Beritariau.com, Dumai - Acara Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XLII (42) Tingkat Provinsi Riau Tahun 2024 yang berlangsung di Taman Bukit Gelanggang (TBG) Kota Dumai berlangsung semarak, Ahad (21/04/2024).

Ribuan masyarakat Kota Dumai dan seluruh pengunjung dari Kabupaten Kota se-Provinsi Riau tampak antusias. Mereka memadati arena TBG sehingga menambah riuhnya acara pembukaan perhelatan akbar MTQ di kota bergelar Idaman tersebut.

Pembukaan MTQ semakin spektakuler dengan penampilan Paduan Suara dari SMP Negeri 2 Dumai, Salawatan dari PD BKMT Kota Dumai dibawah kepemimpinan Hj. Leni Ramaini,  Hadroh, Drum Corps Gita Abdi Praja IPDN Kampus Sumatera Barat, Tarian Kolosal persembahan Sanggar Tuah Pesisir dan ditutup dengan penampilan Derry Sulaiman dan Sahabat.

MTQ Provinsi Riau ke-42 dibuka secara resmi oleh Penjabat Gubernur Riau (Pj. Gubri) H. SF Hariyanto ditandai dengan pemukulan kompang bersama unsur Forkopimda Provinsi Riau, Wali Kota Dumai, H. Paisal, Bupati dan Wali Kota se-Provinsi Riau, Plt Kakan Kemenag Provinsi Riau dan Ketua LPTQ Provinsi Riau.

Sebelumnya juga dilakukan penyerahan secara resmi Piala Bergilir Juara Umum MTQ Provinsi Riau dari Bupati Kabupaten Bengkalis selaku Juara Umum pada MTQ Provinsi Riau ke 41 di Rengat Indragiri  kepada Pj. Gubernur Riau yang kemudian diteruskan kepada Wali Kota Dumai, H. Paisal.

Selaku tuan rumah penyelenggara MTQ Provinsi Riau ke-42 Tahun 2024, Wali Kota Dumai H. Paisal menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Riau sekaligus LPTQ Provinsi Riau atas kepercayaannya telah menunjuk Kota Dumai sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tahun 2024.

"Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh panitia MTQ khususnya dan segenap masyarakat Kota Dumai serta seluruh pihak-pihak yang tidak mampu kami sebut satu persatu karena telah berkontribusi untuk menyukseskan perhelatan akbar MTQ ke-42 Provinsi Riau," tuturnya.

MTQ dengan tema "Melalui MTQ ke-42 Tingkat Provinsi Riau, Mari Kita Bumikan Al-Quran di Dumai Kota Idaman" menurut orang nomor satu Dumai sejalan dengan program Dumai Berkhidmat khususnya khidmat pendidikan.

"Pemerintah Kota Dumai berkomitmen dalam menjaga akhlak dan adab generasi muda melalui Al-Qur’an. Kami berazam, dalam 5-10 tahun kedepan generasi muda Kota Dumai semakin dekat dengan kitabullah. Percayalah, bila Al-Quran telah menjadi bacaan rutin kita setiap hari tanpa putus, Insyaallah negeri kita tercinta akan mendapat keberkahan dari Allah SWT," imbuhnya.

Disisi lain, Pj. Gubri SF Hariyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Dumai yang telah mempersiapkan penyelenggaraan MTQ dengan sangat baik dan cukup memukau. 

“Kita berharap seluruh kafilah dapat mengikuti perlombaan dengan baik dan sportif. Untuk dewan juri, kami titipkan penilaian terbaiknya agar di Riau semakin banyak generasi terbaik yang Qur’ani,” pungkas SF Hariyanto.

Sebagai informasi, total peserta yang mengikuti Perhelatan MTQ XLII Provinsi Riau tahun 2024 berjumlah 809 peserta dari 12 Kabupaten/Kota yang mengikuti 10 cabang perlombaan dengan rincian peserta, Kabupaten Bengkalis 68 orang, Kabupaten Indragiri Hilir 69 orang, Kabupaten Indragiri Hulu 68 orang.

Kemudian, dari Kabupaten Kampar 66 orang, Kabupaten Kepulauan Meranti 63 orang, Kabupaten Kuantan Singingi 68 orang, Kabupaten Pelalawan 67 orang, Kabupaten Rokan Hilir 69 orang, Kabupaten Rokan Hulu 68 orang, Kabupaten Siak 69 orang, tuan rumah Kota Dumai 65 orang, serta dari Kota Pekanbaru 69 orang. (*)