Bupati Kasmarni Buka Talkshow dan Malam Kreasi Pesona Bermasa

Beritariau.com, Bengkalis - Sebagai wujud kolaborasi pengembangan ekonomi kreatif di Negeri Junjungan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis bersama generasi muda yang tergabung dalam sejumlah komunitas mengadakan malam kreasi pesona Bermasa Kamis malam, 16 Maret 2023 di Jalan Antara tepat di depan Wisma Sri Mahkota Bengkalis. 

Pembukaan talkshow dan malam kreasi pesona Bermasa tahun 2023 itu ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Bengkalis Kasmarni. 

Diinisiasi Comunity Space, sebanyak 52 oraganisasi dan komunitas ikut berpartipasi dalam kegiatan yang lebih dikenal dengan Car Free Night (CFN). 

Bahkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis Rinto menyebut 200 pelaku usaha memasarkan produknya di sepanjang jalan antara depan Wisma Sri Mahkota. 

Rinto mengungkapkan kegiatan ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bengkalis, diperkirakan perputaran uang pada malam tersebut kurang lebih sebesar 2 milyar. 

Bupati Bengkalis Kasmarni dalam sambutannya menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh panitia penyelenggara, serta pihak-pihak yang terlibat atas kreatifitas dan inovasi dengan melaksanakan talkshow ekraf pesona Bermasa malam kreasi yang dipadukan dengan expo dan penayangan film dokumenter hasil karya putra-putri Negeri Junjungan. 

"Kami berharap, melalui momentum malam kreasi ini, selain dapat memperkuat silaturrahmi, juga dapat menjadi sarana untuk kita membangun sinergi dalam menyukseskan berbagai program pembangunan, khususnya dalam konteks pembangunan disektor industri kreatif serta UMKM, dengan harapan, program ini dapat mendukung bangkitnya ekonomi masyarakat dalam upaya kita bersama mewujudkan Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera," pungkasnya. 

Dikatakan orang nomor satu di Negeri Junjungan itu, pemerintah daerah akan terus membuka diri serta terus mengharapkan sinergi dan kolaborasi semua pihak, termasuk pemuda, para komunitas ekraf, pelaku ekraf, pelaku umkm, organisasi pemuda maupun organisasi kemasyarakatan yang ada, untuk ikut berpartisipasi dalam membangun ekonomi kreatif maupun UMKM.

"Kami Pemerintah Daerah juga siap mengembangkan kebijakan untuk memastikan akses terhadap pembiayaan mikro, khususnya bagi umkm, mendorong riset dan inovasi, serta menjalin kolaborasi lebih kuat antara penggerak, pelaku dan penikmat kegiatan di sektor industri kreatif," lanjutnya. 

Usai membuka secara resmi kegiatan tersebut, Bupati Kasmarni turut meninjau serta membeli langsung dagangan UMKM. 

Terlihat hadir Kapolres Bengkalis AKBP Bimo Setyo Anggoro, Plt Sekda Bengkalis Ersan Saputra, Ketua Kadin Bengkalis M.Ridho Nosa, Asisten, Staf Ahli Bupati dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah. (*)