40 Persen Wilayah di Pekanbaru Berpotensi untuk Dikembangkan

Pj Sekda Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

Beritariau.com, Pekanbaru - Sekitar 40 persen wilayah Kota Pekanbaru masih terbuka untuk dikembangkan. Salah satunya Kecamatan Rumbai Timur yang masih luas dengan pendudukan yang sedikit.

Penjabat (Pj) Sekretariat Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution di halaman Masjid Az Zahidin, Jalan Tenayan, Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya, Jumat (3/2), mengatakan, luas Pekanbaru sekitar 632 Kilometer (Km) persegi. Namun, wilayah yang baru bisa dibangun hanya sekitar 30 persen.

Wilayah untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) 30 persen. Jadi, ada 40 persen lagi masih terbuka untuk dikembangkan, terutama di Kecamatan Kulim, Tenayan Raya, Rumbai Timur, Rumbai, dan Rumbai Barat.

"Pada 2020, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) juga sudah membantu kami untuk menyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Rumbai Timur. RDTR ini dalam proses penetapan," ungkap Indra Pomi.

Diharapkan, RDTR ini sesuai harapan pemerintah pusat. Saat ini, ada dua kecamatan yang hampir mendekati proses penetapan RDTR.

"Penetapan RDTR terus kami pacu. Karena menjadi kewajiban kami sebagai pemerintah daerah dalam rangka pemenuhan kebutuhan untuk perizinan. Presiden menyampaikan bahwa tidak boleh satu orang pun menghalangi investasi di Indonesia," ucap Indra Pomi. (*)