339 Calon Petugas Haji Riau akan Ikuti Seleksi CAT Tahap Pertama

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Riau Mahyudin

Beritariau.com, Pekanbaru - Sebanyak 339 Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi, Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Pembimbing Ibadah Haji (Bimbad) direncanakan akan mengikuti Seleksi Computer Assisted Test (CAT) tahap pertama, besok Rabu (25/1/23) bertempat di Aula Kanwil Kemenag Riau.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin, MA didampingi Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Drs. H. Syahrudin, M. Sy mengatakan setelah dilakukan perpanjangan pendaftaran petugas Haji Tahun 1444 H/2023 M Provinsi Riau, sudah 95 persen diselesaikan.

“Alhamdulillah setelah melalui tahapan perpanjangan pendaftaran seleksi petugas haji tahun 1444 H/2023 M, panitia rekrutmen petugas haji Riau sudah 95 persen berkerja dalam mempersiapkannya, tinggal menunggu pelaksanaan tes CAT besok pagi,"ungkap Kakanwil Kemenag Riau, Selasa (24/1/2023).

Lebih lanjut Mahyudin juga berharap dengan dilakukannya seleksi ini, petugas haji dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik – baiknya dalam memberikan layanan kepada Jemaah haji selama berada di Arab Saudi.

"Saya berharap kepada petugas yang nantinya lolos menjadi petugas haji dapat menjalankan tugasnya membantu Jemaah haji selama berada di Arab Saudi. Terlebih musim haji tahun ini tidak ada lagi pembatasan usia Jemaah haji dengan kuota normal,"ujarnya.

Sementara itu Kabid Penyenlenggaraan Haji dan Umrah H. Syahrudin mengatakan calon petugas haji ini telah melalui tahapan seleksi Adminitrasi untuk selanjutnya mengikuti seleksi CAT menggunakan android masing – masing. 

Dalam satu rangkaian kegiatan mulai dari persiapan, pembukaan, pembacaan tata tertib CAT dan pelaksanaan CAT.

“Peserta akan mengikuti seleksi menggunakan Android masing – masing dengan system CAT mulai pukul 8 pagi serentak se – Prov. Riau yang akan dibuka oleh Ka. Kanwil Kemenag Riau secara offline dan daring. Terdapat 13 titik lokasi pelaksanaan tes, yakni Kanwil Kemenag Riau dan 12 Kemenag Kab/kota se – Riau,"terangnya.

Untuk seleksi petugas haji ini diikuti oleh 87 Peserta sebagai TPHI, 53 peserta sebagai TPIHI, 8 peserta sebagai pembimbing Ibadah, 78 peserta sebagai pelayanan akomodasi, 36 peserta sebagai pelayanan transportasi dan 77 peserta sebagai pelayanan konsumsi. 

Adapun jumlah peserta berdasarkan titik lokasi tes CAT dapat dilihat sebagai berikut :

1. Kanwil Kemenag Riau, 31 peserta

2. Kemenag Pekanbaru, 45 peserta

3. Kemenag Kampar, 57 peserta

4. Kemenag Bengkalis, 13 peserta

5. Kemenag Indragiri Hulu, 27 peserta

6. Kemenag Indragiri Hilir, 16 peserta

7. Kemenag Dumai, 23 peserta

8. Kemenag Rokan Hulu, 20 peserta

9. Kemenag Pelalawan, 19 peserta

10. Kemenag Kuansing, 29 peserta

11. Kemenag Siak, 19 peserta

12. Kemenag Rokan Hilir, 29 peserta

13. Kemenag Meranti, 11 peserta. (*)