Nekat Mencuri di Rumah Warga Pekanbaru, Pemuda Tanggung Diamankan Polisi

Pelaku saat diamankan polisi

Beritariau.com, Pekanbaru - Seorang pemuda tanggung inisial SL (16) ditangkap Polisi karena diduga melakukan dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) disalah satu rumah warga di Jalan Tengku Zainal Abidin, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, pada hari Rabu (16/11/2022) lalu. 

Pelaku tertangkap pada hari Sabtu,(19/2022) usai saksi yang merupakan anak korban memergoki pelaku saat berada di jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru di waktu yang sama.

Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Andre Setiawan mengatakan, laporan tersebut didasari oleh laporan korban dengan laporan polisi nomor : LP/B/1231/XI/2022/SPKT/Polresta Pekanbaru/Polda Riau, (19/2022) oleh pelapor Hayumi (50).

Andre menjelaskan, awal kronologis kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu, (06/11/2022), sekitar 03.00 WIB, pada saat itu pelapor bersama suaminya terbangun dan terkejut setelah melihat ruang tengah rumahnya telah berserakan dan pintu dapur telah terbuka.

"Lalu pelapor bersama suaminya melihat nasi, telor dan makanan di dapur habis. Setelah itu pelapor melihat tiga unit handphone yang berada di ruangan tengah miliknya juga hilang," katanya, Senin (21/11/2022).

Lanjut Andre, korban tidak terima karena rumahnya telah dimasukin seseorang yang tidak dikenal, dan mengambil barang dirumahnya sehingga korban mengalami kerugian sekitar lima juta rupiah.

Selanjutnya, pada hari Sabtu (19/11/2022), saksi MA yang merupakan keluarga korban sedang berjalan - jalan di sekitaran Jalan Jendral Sudirman, dan melihat sepatu merk Nike miliknya dipakai terduga pelaku (SL) laki-laki yang tidak ia kenal. Curiga melihat sepatunya dikenakan orang lain, ia pun menanyakan kepada laki - laki tersebut. Sempat terjadi keributan, akhirnya SL (16) mengaku telah mengambil sepatu dari salah satu rumah, serta sejumlah handphone.

Akibat kejadian tersebut, saksipun membawa terduga ke Polresta Pekanbaru untuk dilakukan proses lebih lanjut. Hasil introgasi pihak Polisi, pelaku mengakui perbuatannya.

Dari tangan pelaku, turut diamankan sejumlah barang bukti 1 unit Handphone merk Xiomi Redmi 5A, satu pasang sepatu merk Nike, serta 1 buah obeng saat melakukan aksinya.

Hasil pemeriksaan, terduga pelaku tidak diketahui alamatnya, namun berdasarkan pengakuan pelaku, pihaknya mengaku tidak memiliki identitas dan tempat tinggal.

Saat ini pelaku telah ditahan, "atas perbuatan terduga pelaku disangkakan pasal 360 KUHP," tutup Andre. (*)