Sumatera Tourism Fair 2022 Resmi Digelar di Kota Pekanbaru

Beritariau.com, Pekanbaru - Sumatera Tourism Fair Tahun 2022 resmi digelar di Atrium Mal Pekanbaru, Riau. Events ini sebagai ajang memperkenalkan pariwisata yang ada di Sumatera khususnya Provinsi Riau, berlangsung dari 28 September - 2 Oktober 2022.

Mewakili Gubernur Riau Syamsuar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat secara resmi membuka events ini, pada Rabu (28/9/2022) sore. 

Mewakili Pemprov Riau, Roni Rakhmat mengapresiasi Sumatera Tourism Fair, karena events itu, dianggap mampu bisa membantu perekonomian di Riau lebih meningkat dari sebelumnya.

"Para agen travel yang telah bergabung dalam event Sumatera Tourism Fair ini telah memilih dan menjualkan paket liburan yang lebih jelas dan terbuka bagi masyarakat luas. Karena, ada keuntungan bagi wisatawan yang ingin berlibur dengan memakai jasa travel agen, yaitu tentunya bisa lebih terjamin, lebih aman dan lebih jelas arah tujuan liburannya kemana," tuturnya.

Roni berharap kepada para agen travel, tidak menjual tiker liburan ke luar daerah dan luar negeri saja. Akan tetapi juga bisa menjual paket liburan ke daerah Riau. 

"Kami dari pemerintah tentunya mengharapkan, bagaimana kita juga bisa bersama-sama membuat paket-paket liburan di daerah," harapnya.

Ketua Astindo DPD Riau Harpina Diansari mengatakan sejak pandemi Covid-19 melanda, seluruh sektor kehidupan termasuk sektor perekonomian menjadi terpuruk selama dua tahun lebih. Namun, berkat perjuangan dan kerja sama seluruh stakeholder terkait perlahan seluruh sektor yang terpuruk mulai membaik.

"Dengan ditutupnya semua penerbangan domestik, penerbangan internasional, dengan pembatasan pergerakan manusia sehingga terjadi pengangguran di mana-mana. Akan tetapi, kami pelaku pariwisata yakin dan optimis badai pasti berlalu," kata Sari.

Menurutnya, dengan dukungan Pemerintah Provinsi Riau khususnya Gubernur Riau, Pemerintahan Kota Pekanbaru dan seluruh masyarakat Indonesia penerbangan saat ini telah dibuka.

"Alhamdulillah, dengan dukungan dan perjuangan Pak Gubernur, Pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di Riau, sudah lebih dari dua tahun kini dibuka kembali penerbangan Indonesia yang khususnya dari Pekanbaru-Melaka melalui Batik Air Malindo," ucapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya sangat optimis melalui events Sumatera Tourism Fair ini yang didukung oleh Pemprov Riau para sponsor lainnya bisa menjadi momen untuk mempromosikan pariwisata. 

"Inilah momen yang sangat tepat dalam mempromosikan potensi dan peluang investasi bisnis pariwisata baik dalam negeri maupun luar negeri," ungkap Sari.

Turut hadir pada pembukaan events tersebut, Wakil Ketua DPP Astindo Henli Budiman, Kadis Komunikasi Infomasi dan Statistik Provinsi Riau Erisman Yahya, dan tamu undangan lainnya. (*)