HUT ke-61, Jaga Adhyaksa ajak seluruh Jaksa Teladani R Soeprapto

Patung Jaksa Agung RI ke 4 R Soeprapto - Satu-Satunya Monumen Yang Tersisa Dari Gedung Utama Akibat Kebakaran Pada 22 Agustus 2020 Lalu | Istimewa

Beritariau.com, Jakarta - Jaga Adhyaksa menyatakan Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 pada tahun ini menjadi momentum para Jaksa untuk belajar dan meneladani sosok Jaksa Agung RI ke-4 R. Soeprapto. Momentum ini, untuk kembali mengingat “Sumpah Adhyaksa” yang pernah diucapkan para Jaksa untuk negara ini.

Menurut pendiri sekaligus Direktur Eksekutif Jaga Adhyaksa David Sitorus, sosok Soeprapto menjadi teladan dalam hal penegakan hukum. Ia berani menindak atasannya yang pada waktu itu dinilai melanggar hukum.

“R. Soeprapto tidak segan-segan dan berani menindak rekan bahkan atasannya yang melanggar hukum. Belajarlah dari R. Soeprapto agar berani menindak walaupun itu atasan maupun rekan kerja. Keberanian Soeprapto itu juga karena sosoknya yang berintegritas,” tutur David dalam keterangan resminya, Kamis (22/07/21).

Pada hari Bhakti Adhyaksa ini, kata David, para Jaksa yang telah mengucakan “Sumpah Adhyaksa” bisa menjadi momentum menghidupkan nurani menjadi Jaksa yang berani, jujur dan berintegritas. Ini menjadi penting terutama bagi para Jaksa muda untuk menjaga integritasnya hingga kelak bisa menjadi pemimpin yang jujur, berani dan berintegritas.

Pengingat itu menjadi penting, kata David, karena dalam berbagai peristiwa yang terjadi masih selalu terjadi tindakan penyelewengan hukum yang justru dilakukan oleh oknum-oknum Kejaksaan. Bahkan dalam beberapa peristiwa dan persidangan ada yang menyebutkan keterlibatan oknum pimpinan Kejaksaan.

“Kalau melihat beberapa peristiwa belakangan yang terjadi, masih ada oknum-oknum yang terlibat kasus hukum yang sangat mencoreng nama baik Kejaksaan,” ujar David.

Oleh karena itu, kata David, pihaknya berharap Kejaksaan baik secara institusi maupun individu-individu jaksa tersebut dapat berbenah diri, memperbaiki sistem dan berani menjadi garda terdepan yang dapat menindak rekan kerja yang melakukan penyelewengan hukum. Kejaksaan harus melahirkan orang-orang seperti Soeprapto, Jaksa yang berani menindak siapapun tanpa pandang bulu termasuk oknum Jaksa yang melanggar hukum

David meyakini masih banyak Jaksa yang jujur dan berintegritas di Kejaksaan saat ini. Karena itu, Hari Bhakti Adhyaksa ini semoga bisa menjadi hari kebangkitan para Jaksa jujur, berani dan berintegritas.

“Pada hari yang baik ini, selaku d
Direktur Eksekutif Jaga Adhyaksa, saya menyampaikan selamat Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-61 Tahun kepada seluruh Adhyaksa yang ada di Indonesia. Jaga Adhyaksa akan bersama-sama dengan Jaksa yang jujur, berintegritas dan berani,” pungkas David. (red)

Terkait