Pencaker Siap-Siap, 60 Perusahaan Akan Hadir di Job Expo Pekanbaru

Penulis : admin | Selasa, 09 Juli 2019 - 19:04 WIB

JOB EXPO - Kadisnaker Pekanbaru, Jhonny Sarikoen, mengunjungi stand Job Expo Tahun 2018 lalu | Istimewa

Beritariau.com Pekanbaru - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, akan kembali menggelar pameran Job Expo bagi para Pencari Kerja (Pencaker) yang ada di Kota Pekanbaru. Program unggulan dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, ini digelar pada akhir Bulan Juli 2019.

"Bagi pencari kerja, siapkanlah diri dengan baik. Bukan hanya sekadar membuat lamaran, tapi lamaran yang membuat gambaran diri sendiri dan potensi yang ada disampaikan disana (surat lamaran,red)," Kata Kepala Disnaker Kota Pekanbaru, Johnny Sarikoen, kepada wartawan, Selasa (09/07/19).

Job Expo yang selalu ditunggu Pencaker ini akan dilaksanakan di Hotel Mutiara Merdeka, 30 Juli sampai dengan 01 Agustus 2019. Dimulai Pukul 09.00 - 16.00 WIB.

Selain itu, target yang mengikuti Job Expo ini akan diikuti oleh 60 perusahaan, baik perusahaan swasta maupun perusahaan BUMN.  Namun baru 30 Perusahaan yang mendaftar. Bagi pencari kerja, katanya lagi, diharapkan tidak terlalu banyak memilih pekerjaan.

"Ambil dulu peluang, sambil bekerja kan bisa ambil pekerjaan yang lebih baik. Program yang masuk unggulan pemerintah daerah ini bisa dirasakan masyarakat, jangan nanti orang lain yang mengambil kesempatan daripada kita. Itu harapan kita," ungkapnya.

Selain itu, Jhonny juga berharap bagi perusahaan juga menerima para Pencaker yang membutuhkan pekerjaan segera diterima sehingga peluang yang ada bisa dipenuhi.

"Terimalah anak-anak kita sepanjang masuk kualifikasi rekrutlah, kalau bukan kita yang membantu siapa lagi," terangnya.

Menurutnya, potensi pekerja lokal mendapatkan Job Expo, tentu sesuai dengan skala prioritas. Yang mana sebutnya, untuk jabatan-jabatan tertentu didahulukan pekerja lokal dan jabatan profesional oleh perusahaan profesional. 

"Kalau memang kualifikasi sama, berikan kepada anak-anak kita dahulu, itu kemampuan daya serap, karena ini berkaitan dengan jumlah kelulusan yang ada di Pekanbaru," jelasnya.

Dia mencontohkan, saat ini ada 35 ribu jumlah lulusan SLTA keatas yang ada di Kota Pekanbaru setiap tahunnya. Jumlah tersebut, tentunya tidak sebanding dengan jumlah lowongan akibat perekonomian secaa nasional.

"Kita belum mampu seperti itu (Menyerap,red). Maka daya serap kita 30 persen. Itu daya serap kita, belum lagi yang terserap tapi belum melaporkan ke Disnaker Kota Pekanbaru yang tidak bisa kita pantau," paparnya.

Dilanjutkannya, saat jni Pencaker dari data Disnaker Kota Pekanbaru yang ada di database, tidak menentu jumlahnya. Hal itu dikarenakan mengikuti tren setelah lulus sekolah.

"Kita belum bisa pastikan (jumlahnya,red). Data berdasarkan jenjang kelulusan semua terdata, baik dari jenjang pendidikan SLTA keatas, Akademi maupun Strata 1 (S1). Jumlah Pencaker tergantung kelulusan sekolah atau wisuda perguruan tinggi. Tren nya lebih banyak, sesuai dengan kelulusan." jelasnya.

Jhonny berharap agar pameran ini diburu oleh Pencaker karena tersedia ribuan kesempatan lowongan kerja. "Dan ini semua perusahaan berskala nasional dan daerah, gratis dan tidak dipungut biaya," Tutupnya. [bam]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :