Satu Sempat Duel dengan Petugas

Jebol Ventilasi, Tiga Napi Gagal Kabur

Petugas Rutan saat mengecek ruang tahanan yang kabur

Beritariau.com, Pekanbaru - Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas I Pekanbaru, berhasil menggagalkan tiga Napi yang mencoba kabur, Sabtu (10/7/2021) dengan membobol ventilasi.

Ketiganya IP, FH dan UAH merupakan penghuni di Blok C Strafsell I. Mereka diamankan terpisah, setelah upaya kabur diketahui petugas jaga.

Kepala Rutan Klas I Pekanbaru, M Lukman, Ahad (11/7/2011) menjelaskan, ketiganya mencoba kabur Sabtu (10/7/2021) dinihari sekitar pukul 3.00 WIB. 

Lukman mengungkapkan, aksi mencoba kabur ketiganya diketahuinya, saat anggota regu pengamanan I melakukan kontrol keliling di Blok C Strafsell I. Petugas mendapati lampu kamar padam.

Sedangkan, tiga orang penghuni blok tersebut yakni IP, FH dan UAH tidak berada didalam.

Melihat kondisi didalam, petugas langsung mengamati dan melihat ventilasi kamar dalam keadaan sudah dijebol.

''Setelah dilakukan pengecekan, dan penghuni kamar sebanyak 3 orang sudah tidak ada. Petugas yang menemukan langsung melapor ke Kepala regu pengamanan dan memerintahkan seluruh petugas untuk bersiaga. Sbagian petugas juga bergegas menuju beranggang didalam Rutan.'' jelas Lukman.

Setelah melakukan penyisiran, IP salah satu dari tiga napi ditemukan di dalam Strafsell I di Blok C itu. ''Posisinya saat itu masih berada diatas tembok II beranggang,'' kata Lukman.

Tak lama kemudian, petugas kembali menemukan FH yang saat itu sedang berusaha kabur.

''Yang satu lagi ini ditangkap dilokasi yang berbeda. Tetapi masih di beranggang dalam Rutan,'' jelas Lukman.

Karena masih ada satu napi yang belum tertangkap, kepala regu pengamanan langsung memerintahkan petugas pos pengawasan dan pemeriksaan (Warsik) depan, untuk menyisir area luar Rutan.

Hasilnya petugas menemukan UAH, yang sedang berusaha kabur. Namun, dia mencoba melakukan perlawanan dan langsung dilumpuhkan.

''Setelah diamankan kembali, ketiganya dibawa ke ruang Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Klas I Pekanbaru, untuk diperiksa lebih lanjut,'' ujar Lukman.

Usai mengamankan ketiganya, petugas langsung menuju blok tempat napi ditahan. Dengan hasil temuan barang bukti yang digunakan untuk kabur.

''Hasilnya ditemukan berupa potongan besi teralis dan sarung yang dijadikan tali,'' pungkasnya.***

Terkait