Kisruh Sampah Karena Mal Administrasi Pemko Pekanbaru

Penulis : user | Selasa, 09 Februari 2021 - 18:39 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru - Kisruh masalah sampah yang ''menggunung'' di beberapa sudut kota Pekanbaru dituding karena kesalahan atau mal adminstrasi yang dilakukan pihak pemerintah kota (Pemko) setempat.

Ini terungkap dalam diskusi yang ditaja Liga Mahasiswa NasDem (LMN) Provinsi Riau di  Auditorium Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Provinsi Riau, kemarin malam.

Pembicara dari praktisi hukum yang sekaligus Ketua Badan Advokasi Hukum (BAHU) NasDem Riau Totti  Alexander Wahyudi menyebutkan, seharusnya Pemko dengan instansi berwenang soal pengangkutan sampah ini sudah mempersiapkan administasi begitu tahu kontrak dengan pihak ketiga bakal berakhir pada 31 Desember 2020 lalu.

''Tetapi ini tidak dilakukan. Jadi ini  murni salahnya Pemko,'' tukasnya.

Dia berharap Walikota Pekanbaru Firdaus harus cakap dengan perjanjian tersebut. Karena sudah pasti imbasnya langsung ke masyarakat. ''Kalau putus kontrak ya dicari solusinya,'' katanya lagi.

Pembicara dari penggiat lingkungan Ahlul Fadli menyarankan Pemko untuk menghidupkan kembali tempat penampungan sementara (TPS) dan tempat penampungan akhir  (TAP) sampah.

''Saat ini TPA yang ada tidak dapat lagi menahan sampah. Saya menyarankan TPS dihidupkan kembali,'' kata Staf Kampanye dan Advokasi Walhi Riau ini.

Ditambahkan Wakil Sekretaris LMN Riau Vahrion sejak Walikota Pekanbaru dijabat Firdaus, sudah hampir tidak pernah lagi kota ini mendapatkan Piagam Adipura. 

Mirisnya, soal sampah tak tertangani kini masuk ke  ranah hukum. Beberpa yang tertanggung jawab soal pengangkutan sampah ini kini menjalani pemeriksaan di kejaksaaan dan Polda Riau.

Akhir sesi diskusi dengan tema : "Sampai Kapan Sampah di Pekanbaru?" ini diisi oleh pertunjukan Stand Up Comedy oleh Faqiho Maulana yang merupakan Komika ternama Pekanbaru.

Galak tawa tampak mewarnai ruangan saat Faqih mulai melemparkan guyonan tentang sampah di Pekanbaru. * (Den)

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :